Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu dari 7 Kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Tanjung dan menjadi jurusan yang sangat diminati peserta didik. Pada kompetensi keahlian ini, peserta didik dibekali dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran yang kompeten. Dengan adanya program keahlian ini diharapkan dapat mencetak tenaga-tenaga yang terampil, kompetitif, berkepribadian, dan profesional demi mencukupi kebutuhan tenaga kerja administrasi dalam lingkungan pekerjaan kantor untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
A. VISI MISI DAN TUJUAN
VISI
Menghasilkan peserta didik yang berakhlak dan profesional di bidang Administrasi Perkantoran yang mampu berkompetisi dalam Dunia Kerja dan Industri.
MISI
- Melaksanakan pembelajaran yang berwawasan keunggulan untuk menghasilkan tamatan yang profesional, cerdas, terampil, mempunyai kinerja dan kemampuan di bidang Administrasi Perkantoran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kehidupannya.
- Membantu mengembangkan potensi anak secara utuh dan menyeluruh, untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak mulia.
- Mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu yang berbasis pada perkembangan Tekhnologi Informasi untuk menghasilkan mutu lulusan yang handal dan tangguh serta mampu mengimplementasikan perkembangan tekhnologi dikehidupan sehari hari.
- Membekali Peserta didik menjadi insan yang berprofil pelajar pancasla ( Beriman dan Berkahlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Bernalar Kritis, Mandiri dan Kreatif )
B. TUJUAN
- Menghasilkan peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam kompetensi keahlian OTKP/MPLB agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
- Terlaksananya KBM yang kondusif di kompetensi keahlian OTKP/MPLB.
- Terpenuhinya sarana dan prasarana kompetensi keahlian sesuai dengan kebutuhan.
- Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional sesuai dengan kebutuhan.
- Terwujudnya hubungan kerjasama yang selaras dan setara dengan DUDI, termasuk dalam hal penyerapan lulusan dalam bidang Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran/Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
![]() |
![]() |
C. STRUKTUR ORGANISASI ADMINISTRASI PERKANTORAN
- Kepala Program Keahlian : Zaenal Masud, S.Pd
Guru Produktif Manajemen Perkantoran : Ernawati, S.Pd, M.Pd
Dra. Hj. Nurlatifah
Herliana, S.Pd
Ana Saripah, S.Pd
Ike Prestinawati, S.Pd. Gr
Fifi Herdayati Ningsih S.Pd. Gr
Sari lestari, S.Pd. Gr
Andi Permana, S.Pd
Irma Septiani, S.Pd
Lindayanti, M.Pd
Rezky Ariani, S.Pd. Gr
Dewi Fitriany, S.Pd
D. KOMPETENSI KEAHLIAN
- Kompetensi Keahlian Admiistrasi Perkantoran
Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran / materi yang diajarkan adalah sebagai berikut:
- Dasar Dasar MPLB
- Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
- Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana
- Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
- Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
- Produk Kreatif Kewirausahaan
- Informatika
- Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran
Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran ini dirancang dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut :
- Pengetikan naskah atau dokumen
- Penanganan telepon
- Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
- Penataan dan pengelolaan arsip
- Penanganan perjalanan bisnis
- Penanganan dana kas kecil
- Penyiapan pertemuan atau rapat
- Penanganan aplikasi
- Penanganan informasi melalui internet
![]() |
![]() |
![]() |
- Prospek Kerja
Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan Administrasi Perkantoran antara lain:
- Sekretaris Junior
- Petugas Administrasi
- Petugas Kearsipan
- Petugas Perpustakaan
- Resepsionis
- Operator Telepon
- Juru Ketik
- Wirausaha Mandiri
E. DATA SARANA DAN PRASARANA
- Ruang Teori / Ruang Kelas
- Laboratorium Perkantoran
- Ruang Guru Produktif
- Toilet / WC
F. Program Administrasi Perkantoran bertujuan supaya peserta didik memiliki kecapakan bekerja, sebagai :
- Sekretaris Junior
- Petugas Adiministrasi
- Pubic Relation
- Resepsionis
- Petugas Kearsipan
- Petugas Perpustakaan
- Operator Komputer
- Bekerja di Instansi Pemerintah/Swasta
- Wirausaha Mandiri
- Melanjutkan Kuliah