admin/ June 13, 2019/ Uncategorized/ 1 comments

TANJUNG, korankontras.net – SMKN 1 Tanjung melaksanakan ujian akhir semester untuk siswa kelas 10 dan 11 berbasis Android pada jum’at pagi (14/6).

1.383 pelajar yang mengikuti ujian berbasis android dibagi di 12 ruang kelas dengan pembagian waktu  masing masing sesi sealma  satu jam.

Menariknya ujian berbasis android ini dapat diikuti siswa meskipun mereka sedang berada di tempat magang.

“Untuk teknisnya kita menggunakan dua cara yakni intranet (jaringan lokal) untuk yg mengerjakan di ruang kelas sedangkan untuk siswa yang magang kita menggunakan hosting dengan website sekolah sehingga mereka bisa mengikuti ujian walaupun berada d tempat magang” terang Pelaksana Ujian,  Hasymi Hayat saat ditemui awak korankontras.

Pembagiannya, imbuh Hasymi  sesi satu dan dua di isi kelas 10 selanjutnya sesi tiga dan empat di isi kelas 11 dan ujian ini dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 13 Juni sampai 21 Juni 2019.

Pihak sekolah menyiapkan tujuh buah server  yang di gunakan selama ujian berlangsung,  satu server digunakan untuk satu lokal.

“Ujian kali ini kita sudah menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan aplikasi exambro” terang Hasymi.

Hasymi tidak menampik jika ujian berbasis android masih ada kekurangannya seperti  beberapa programnya sebagian terkendala.

“Ketika soal dalam bentuk gambar di buka ada yang tidak muncul kemungkinan kapasitas dari ukuran gambar tersebut terlalu besar sehingga tidak bisa di tampung oleh media perangkat peserta ujian” pungkasnya.

Meskipun demikian Ia mengatakan ujian berbasis android ini rencannya akan di terapkan untuk ujian – ujian selanjutnya.

“Ujian menggunakan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan anak didik dalam menggunakan Handphone secara positif sekaligus meminimalisir penggunaan kertas di sekolah” ucap Hasymi.

Ujian kali ini disambut antusias oleh siswa dan siswi seperti, Weni Juraida  siswi kelas 11 jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ)  mengaku senang adanya ujian berbasis android disekolahnya.

“Dengan menggunakan sistem android ini saya merasa ulangan lebih praktis, juga nilainya bisa dapat di ketahui langsung dan sistem ujian ini bisa mengurangi penggunaan kertas juga” ucapnya.

Weni menambahkan selama dua hari pelaksanaan ujian ini tidak ada menemui kendala dalam mengerjakan soalnya. (Can)

Share this Post

1 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*