Busana Butik

PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA

  1. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya Kompetensi Keahlian Tata Busana

Kompetensi Keahlian Tata Busana SMKN 1 Tanjung didirikan pada tahun 2004, sebagai pemenuhan atas tuntutan dunia kerja. Pada mulanya kompetensi keahlian ini didirikan sebagai wadah untuk menampung minat dan bakat siswa dalam bidang ketrampilan khususnya di bidang busana (setelah memenangkan LKS bidang lomba Ladies Dressmaking tingkat provinsi) dan bertujuan untuk menyiapkan tenaga kompetitor diberbagai bidang busana.

Tahun demi tahun kompetensi keahlian Tata Busana selalu mengalami perkembangan/kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Seiring dengan perkembangan tersebut, pada tahun tahun sebelumnya yang selalu mengikuti lomba kompetensi siswa seperti Ladies Dressmaking kita selalu masuk dalam 3 besar Lomba Kompetensi Siswa bidang Ladies Dressmaking tingkat Propinsi dan juga menjadi Perwakilan Propinsi Kalimantan Selatan dalam Lomba ASEAN Skill Competitor tingkat Nasional.

Sesuai dengan peraturan kepala sekolah yang baru bahwa menyusun perencanaan/program kerja jurusan untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk hal tersebut kompetensi keahlian Tata Busana mencoba menyusun Rencana Kerja yang salah satunya diimplentasikan dalam Program/Rencana Kerja Ketua Kompetensi Keahlian Tata Busana untuk jangka satu tahun kedepan, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin jurusan dan kegiatan-kegiatan pengembangan kompetensi keahlian Tata Busana dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya .

2. Identitas Kompetensi Keahlian Tata Busana

Sebagai sebuah organisasi Kompetensi Keahlian Tata Busana  harus memiliki identitas, supaya mudah dikenali dan diingat. Maka identitas itu dituangkan dengan lambang. Berikut penjelasan makna dan arti lambing Kompetensi Keahlian Tata Busana.

 

Warna

Ungu,  melambangkan siswa Kompetensi Keahlian Tata Busana memiliki keunikan, inovasi dan kemewahan.

Bentuk;

Logo Variasi Bunga, memberikan arti keindahan yang tercipta dari hasil karya siswa Kompetensi Keahlian Tata Busana.

Padi, memberikan arti kekreatifan dan keaktifan siswa Kompetensi Keahlian Tata Busana akan menciptakan Keberhasilan dan Kemakmuran.

Mesin Jahit,  berarti menginginkan lulusan Kompetensi Keahlian Tata Busana memiliki keterampilan di bidang desain dan berbagai teknologi menjahit dari dasar sampai mahir.

3. Tujuan dan Manfaat Program Keahlian  Tata Busana  SMKN 1 Tanjung

  1. Tujuan

Kompetensi Keahlian Busana Butik bertujuan untuk :

1.1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik ;

1.2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung

1.3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan ketrampilan

1.4. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam bidang Tata Busana agar dapat bekerja, baik secara mandiri ataupun mengisi pekerjaan yang ada di Dunia Industri

1.5. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam bidang Tata Busana

1.6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan

  1. Manfaat

Manfaat yang diharapkan dari tamatan Kompetensi Keahlian Tata Busana :

  • Peningkatan kompetensi produktif sesuai dengan ketrampilan  pada bidang keahlian membuat busana.
  • Dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi siswa agar dapat bekerja secara mandiri.
  • Siswa diharapkan dapat mengembangkan usaha dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas.

VISI DAN MISI KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA

  1. Visi Kompetensi Keahlian Tata Busana

Visi kompetensi keahlian Tata Busana adalah mengantarkan peserta didik menjadi tamatan yang berakhlak mulia dan professional dalam bidang teknologi dan ketrampilan.

Adapun visi kompetensi keahlian Tata Busana :  Berakhlak Mulia, Profesional, Aktif, Kreatif, Antusias dan TanggungJawab kemudian disingkat dengan akronim “BERMUPAKAT”.

Sehingga semua komponen di dalam kompetensi keahlian Tata Busana bisa bersinergi antara siswa dan guru pengajar mereka.

  1. Misi Kompetensi Keahlian Tata Busana

Menyelenggarakan pendidikan secara professional, inovatif dan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan stakeholder .

Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus dilakukan oleh kompetensi keahlian Tata Busana adalah :

  1. Menimbulkan penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehingga tercipta kematangan dalam befikir, bertindak serta berakhlak mulia.
  2. Mengoptimalkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka lebih profesional di bidang teknologi dan ketrampilan.
  3. Mendorong aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen kompetensi keahlian Tata Busana terutama para siswa.
  4. Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang busana.
  5. Menanamkan rasa bertanggungjawab kepada semua komponen akademik.
  6. Tujuan Kompetensi Keahlian Tata Busana

Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 1 tahun kedepan, tujuan yang diharapkan tercapai oleh kompetensi keahlian Tata Busana pada tahun pelajaran 2017/2018 ini adalah  :

  • Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata naik memenuhi standar kelulusan.
  • Memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang teknologi informasi.
  • Terwujudnya disiplin yang tinggi dari seluruh warga kompetensi keahlian Tata Busana.
  • Terwujudnya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.
  • Terwujudnya manajemen kompetensi keahlian Tata Busana yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga jurusan dan kelompok kepentingan yang terkait.
  • Terwujudnya kemajuan dibidang akademik dan non akademik.

Komptensi Keahlian Yang  di ajarkan di Kompetensi Keahlian Tata Busana, meliputi :

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

  • Pengantar Pariwisata
  • Dasar Desain
  • Dasar Pola
  • Pengetahuan Bahan Tekstil
  • Dasar Teknologi Menjahit

KOMPETENSI KEJURUAN

  • Desain Busana (Fashion Drawing)
  • Pembuatan Pola (Pattern Making)
  • Pembuatan Busana Industri
  • Pembuatan Busana Custom-Made
  • Membuat Hiasan Busana (Embroidery)
  • Membuat Busana Wanita
  • Membuat Busana Pria
  • Mengawasi Mutu Busana
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

LINGKUP PEKERJAAN

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatanProgram Keahlian Tata Busana Butik antara lain:

  • Customer-Made (modiste/attlier butik,tailor-made, dress-making)
  • Penjahit
  • Tukang potong
  • Pembuat pola
  • Pekerja pada bagian finishing
  • Penghias busana
  • Pembuat pelengkap Busana
  • Garment/Konveksi/Operator pada bagian :
  • Triming
  • Preparing
  • Ticketing & Bundeling
  • Cutting
  • Sewing (penjahit)
  • Finishing
  • Packing & Labeling
  • Pembuatan sampel
  • Pressing
  • Sebagai Disainer, penjahit,pembuat pola penghias busana pada Garmen/konveksi
  • Membuka usaha di bidang penjahitan dan konveksi

Kegiatan yang sering diikuti jurusan tata busana butik yaitu Fashion show

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *